Kabar gembira lulusan SMA Bisa Daftar CPNS, Ini Syaratnya


smk165cigembor.blogspot.com Ada kabar gembira untuk kalian yang ingin menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS), di tahun 2023 ini pemerintah memastikan membuka seleksi CPNS 2023.

Selain itu, pemerintah juga akan melakukan rekrutmen untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di tahun 2023 ini.

Abdullah Azwar Anas selaku Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Men PANRB) mengatakan bahwa pemerintah sudah memberikan keputusan untuk membuka rekrutmen CPNS dan PPPK di tahun 2023 ini.

Seringkali rekrutmen atau pendaftaran seleksi CPNS kebanyakan membuka formasi untuk lulusan D4 ataupun dari S1.

Pada seleksi CPNS 2023 ini, para lulusan SMA memiliki peluang yang sama dalam rekrutmen Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) di tahun 2023 pada sejumlah kementerian.

Namun biasanya di beberapa kementerian ada yang menetapkan syarat tinggi badan minimal untuk para calon pendaftar.

Kemudian terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk lulusan SMA/SMK sederajat yaitu sebagai berikut:

  1. Ijazah SMA
  2. Fotokopi akta kelahiran
  3. Sertifikat ijazah komputer
  4. Transkrip nilai pendidikan terakhir
  5. Fotokopi identitas diri, misalnya seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) maupun surat keterangan identitas lainnya
  6. Surat pernyataan yang menyatakan kesanggupan untuk ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia
  7. Surat lamaran

Selain beberapa syarat dokumen yang telah disebutkan di atas, juga terdapat beberapa syarat khusus untuk lulusan SMA/SMK sederajat yaitu sebagai berikut:

  • Minimal berusia 18 tahun dan maksimal usia pelamar 28 tahun pada saat melakukan pendaftaran CPNS 2023.
  • Minimal tinggi badan 160 cm untuk pelamar wanita dan minimal 165 cm untuk pelamar pria.
  • Tida mempunyai tindik atau tato dan bekas tindik atau tato. Kecuali jika terdapat sistem adat tertentu yang mengahruskan untuk tato dan tindik, maka harus disertai dengan surat keterangan dari pemangku adat.

Pada seleksi CPNS 2023 ini terdapat 4 kementerian yang diperkirakan akan membuka formasi untuk lulusan SMA/SMK sederajat yaitu:

Kementerian Hukum dan HAM

Kemenkumham menjadi salah satu kementerian yang paling bersungguh-sungguh membuka formasi bagi lulusan SMA untuk menjadi CPNS di tahun depan. Hampir di setiap tahunnya kementerian ini selalu membuka formasi untuk lulusan SMA.

Kementerian Perhubungan

Kemenhub sendiri akan membuka formasi CPNS di tahun 2023 sebanyak sekitar 684 formasi untuk lulusan SMA.

Posisinya sendiri tersebar di berbagai bidang yaitu penerbang, teknisi peralatan listrik dan elektronika pemula, serta teknisi listrik dan jaringan.

Kementerian Investasi

Kementerian ini bisa terbilang kementerian yang masih sangat muda atau baru. Diperkirakan pada tahun ini akan membuka formasi CPNS untuk lulusan SMA yang dibutuhkan untuk mengisi sejumlah pos-pos baru nantinya.

Kejaksaan

Kejaksaan juga menjadi salat satu yang sering melakukan pembukaan formasi bagi lulusan SMA di setipan seleksi CPNS tiap tahunnya.

Misalnya saja formasi yang dibuka pada tahun 2022 untuk lulusan SMA yaitu pengawal tahanan dan pengadministrasian penanganan perkara.

Untuk syarat khusus yang dibutuhkan dar kedua formasi tersebut yaitu memiliki sertifikat komputer dan sertifikat beladiri diutamakan, dan SIM C.

Demikian informasi mengenai syarat CPNS 2023 untuk lulusan SMA/SMK sederajat yang harus diperhatikan dan dipersiapkan.



Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung ke situs kami

Channel Yutub SMK Cigembor

Dokumentasi Siswa/I

Link Vidio Tutorial Klik Gambar dibawah

Link Vidio Tutorial Klik Gambar dibawah
STARcom hadir untuk melayani anda dalam jasa servce PC, Laptop, Notebook, Printer dan pengadaa ATK. Jika anda memiliki kendala/kerusakan pada alat kerja anda anda bisa hubungi kami atau bisa datang langsung ke tempat kami.

Rapat Anggota Komunitas